Monday, July 14, 2014

Cicipi Bebek Kotor di Ubud Bali

Menikmati Ubud Bali tak hanya dari keindahan alamnya saja, anda juga harus mencicipi kuliner khas daerah setempat. Jangan sampai kelewatan untuk menikmati makanan yang dijajakan di restoran Ubud, mulai dari makanan khas Indonesia hingga western. Memang, untuk menikmati Ubud tidak butuh waktu sehari karena banyak sekali yang menarik di kawasan berbudaya ini.
Bebek Bengil Ubud
Bebek Bengil Ubud
Jika ingin mencoba kulinernya yang khas, itu tandanya anda harus mencicipi menu bebek yang banyak disuguhkan di restoran pinggir sawah Ubud. Eits, restoran dengan konsep seperti ini juga ada loh di Ubud. Bebek Tepi Sawah Restaurant & Villas di Jalan Goa Gajah, Peliatan adalah buktinya. Restoran ini tidak pernah sepi pengunjung. Mereka semua datang dengan satu tujuan, yakni ingin mencicipi crispy atau grilled duck yang merupakan menu andalan di restoran ini. Setengah ekor bebek disajikan dengan tiga macam sambal (mattah, bre, uleg) dan sayuran, porsinya ideal untuk menu makan siang. Selain bebek, ada juga menu lainnya seperti sate lilit Bali, ayam goreng lengkuas, sop ikan dan grilled cock fighting (ayam bakar).
Seusai makan siang, waktunya dessert atau makanan penutup. Melting Wok, sebuah resto-cafe mungil di Jl Goutama ini akan menutup makan siang anda dengan menu dessert pilihan. Salah satunya yang enak dan menjadi dessert khas di cafĂ© ini adalah Creme Caramel (puding karamel dengan kuah coconut milk). Karamel bercampur cinnamon akan menggoyang lidah anda dengan rasa yang nikmat.
Dari sini anda bisa sekalian membeli oleh-oleh yang menarik di sekitarnya. Kembali ke Jl Goutama, ada Confiture Michele Creperie, sebuah toko mungil yang menjual selai buah tanpa zat tambahan. Keunikan selai yang dijual di toko ini adalah buah yang digunakan bukanlah buah yang biasa dijadikan selai, seperti pepaya, tamarillo, mangga, markisa, dan kombucha. Selain selai, toko ini juga menjual Crepes yang lezat.
Banyak yang berkata, saat berkunjung ke Ubud Bali jangan lupa menyantap bebek bengilnya. Tepat sekali! Bisa dibilang inilah makanan yang menjadi ciri khas Ubud. Salah satu restoran yang menjual makanan ini bisa anda temukan di Jl. Hanoman, Padang Tegal, Ubud, tak jauh dari lokasi Monkey Forest Ubud, 25 km dari Denpasar. Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 90 dan menjadi destinasi wisata kuliner favorit bagi para wisatawan, baik lokal maupun internasional. Menu utamanya tentu saja bebek bengil, yang dalam bahasa Indonesianya berarti ‘bebek kotor’ atau dirty duck dalam bahasa Inggrisnya. Disebut demikian  mungkin karena jenis bebek yang dimasak adalah bebek yang sering berkubang di air yang kotor seperti lumpur atau sawah. Tapi tenang saja, sebelum dimasak tentunya bebek sudah dicuci bersih dan punya rasa yang lezat.
Sore hari anda di Alaya Ubud Bali Semakin Nikmat dengan Suguhan Teh dan buah-buahan. Tak jauh dari rumah makan ini terdapat sebuah hotel di Ubud yang menawarkan sensasi menginap di tengah sawah. Ialah Alaya Resort Ubud yang terletak di jantung Ubud, pusat kebudayaan Bali. Kamar-kamarnya ditata dengan apik plus kolam renang outdoor.
Semua kamarnya yang total berjumlah 60 ini dirancang bergaya Bali kontemporer dan telah dilengkapi TV layar datar, teras pribadi dengan pemandangan alam dan kamar mandi pribadi yang didekorasi dengan karya seni dan menyediakan fasilitas lengkap.
Kamar Alaya Resort Ubud
Kamar Alaya Resort Ubud
Alaya Resort Ubud hanya berjarak 200 meter dari Ubud Monkey Forest dan 700 meter dari Pasar Ubud. Bandara Internasional Ngurah Rai dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam berkendara dari hotel bintang 4 di Ubud ini, yang menawarkan layanan penjemputan bandara dengan biaya tambahan.
Hotel di Ubud ini juga menyediakan fasilitas Wi-Fi gratis dan meja depan 24-jam. Staf hotel yang ramah dapat membantu anda dengan penyimpanan bagasi dan layanan penyewaan mobil atau sepeda untuk mengelilingi Ubud Bali lebih santai. Anda dapat bersantai dan menikmati pijat yang memanjakan atau mengunjungi spa dan pusat kesehatan. Masakan Indonesia dan internasional disajikan di restoran yang hadir di hotel Ubud ini. For more info, bisa anda lihat di www.alayaubud.com

1 comment:

  1. Wow Bebek kotor ini memang sangat terkenal di Ubud, ini merupakan lokasi kuliner yang sering menjadi rekomendasi para wisatawan. Nice info, mungkin suatu waktu anda perlu mencoba lokasi kuliner lainnya yang ada di Ubud semisal Bali Ubud Villa restorant, anda bisa melihat informasinya di http://www.balivillaubud.com/restaurant/. thanks.

    ReplyDelete